Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Generic System Image (GSI) Gunanya Untuk Apa?

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Generic System Image (GSI)

Gambar Sistem Generik, yang juga dikenal sebagai GSI, telah cukup populer setelah pertama kali muncul dengan Android 9. Apa itu GSI? Dan untuk apa sebenarnya GSI digunakan? Ini adalah pertanyaan yang akan dijawab dalam konten ini.

Apa itu GSI?

Gambar Sistem Generik (GSI) adalah jenis gambar sistem khusus yang digunakan Android untuk menginstal sistem operasi Android ke perangkat. Ini adalah kumpulan file paket yang berisi sistem operasi Android, bersama dengan gambar sistem untuk semua perangkat berbeda yang didukung oleh sistem operasi Android. Ini memungkinkan pengelolaan terpusat dari semua citra sistem berbeda yang diperlukan untuk menginstal dan mem-boot Android pada berbagai jenis perangkat.

Untuk apa GSI digunakan?

GSI pertama kali diperkenalkan dengan pembaruan Android 9 dan merupakan singkatan dari Generic System Image. Ini dimaksudkan untuk membuat pembaruan baru lebih mudah diluncurkan untuk OEM. Selain membuatnya lebih mudah, ini juga melahirkan cara baru untuk mem-flash ROM kustom, yang sekarang dikenal sebagai Project Treble. Secara teknis, semua perangkat yang dirilis dengan Android 9 atau lebih tinggi secara otomatis mendukungnya. Namun, ada juga perangkat lama yang menjadi tujuan porting proyek ini dan mereka juga mendukungnya. Jika Anda tidak yakin atau tidak tahu apakah perangkat Anda mendukungnya atau tidak, Anda dapat memeriksanya melalui Treble Info atau aplikasi serupa.

Generic System Image (GSI)


Manfaat GSI adalah:

  • Lebih mudah dibuat
  • keragaman ROM
  • Berbagai kompatibilitas perangkat
  • Pembaruan yang mudah didistribusikan
  • Dukungan pembaruan Android yang lebih lama untuk perangkat yang ditinggalkan oleh OEM mereka (tidak resmi)

Apa perbedaan antara GSI dan ROM Kustom?

Perbedaan pertama dan terpenting yang perlu diingat adalah bahwa ROM khusus cukup spesifik untuk perangkat, artinya Anda tidak dapat mem-flash-nya pada perangkat yang tidak dirancang untuknya sedangkan GSI dikonfigurasikan agar kompatibel dengan rentang perangkat yang jauh lebih besar. Karena ROM khusus adalah perangkat khusus, mereka akan cenderung kurang buggy dibandingkan dengan GSI, karena hanya perlu di-debug untuk satu perangkat. GSI sedang dan akan terus lebih beragam karena lebih mudah dibuat dibandingkan dengan ROM khusus.

Pemasangan GSI

Untuk menginstal gambar GSI, orang biasanya pertama-tama mem-flash ROM khusus untuk perangkat mereka dan setelah itu, mereka mem-flash gambar GSI, menghapus data, cache, cache dalvik, reboot dan selesai dengan itu. Tentu saja di bagian atas daftar, Anda harus memiliki pemulihan yang didukung Treble. Namun tidak selalu semudah itu. Beberapa perangkat mungkin memiliki proses instalasi yang rumit.

Lebih sering daripada tidak, proses instalasi bervariasi tergantung pada perangkat, oleh karena itu Anda perlu menanyakannya di komunitas perangkat Anda untuk mendapatkan instruksi yang jelas. Jika Anda bertekad untuk mem-flash GSI di perangkat Anda, kami sangat menyarankan Anda memeriksa konten ROM Kustom Paling Populer untuk Perangkat Xiaomi sebelum memutuskan yang mana yang akan di-flash!

Posting Komentar untuk "Generic System Image (GSI) Gunanya Untuk Apa?"