Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Daftar Merk Smart TV Terbaik dan Terpercaya Tahun 2021

Ingin Membeli TV (Smart TV) baru tentu banyak pertimbangan, dengan begitu banyak model dan merk berbeda di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui mana merk TV terbaik, dalam Arti Spesifikasi dan kwalitas produknya. 

Semakin banyaknya merk TV menambah masalah dalam pemilihan brand TV yang tepat, merek-merek baru telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir dan dari beberapa merek TV terbaik yang dapat dipilih akan saya ulas dibawah ini. 

Beberapa merek baru ini sudah mulai merilis model yang sesuai atau bahkan mengungguli model yang jauh lebih mahal dari merek TV terbaik.

Dari fitur pintar hingga desain, setiap merek memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu. Jadi bagaimana membeli produk yang pas dan terbaik? 

Terus pantau pendapat kami tentang merek terbaik untuk smart TV (TV Pintar). Bacara rekomendasi kami untuk smart TV terbaik, TV budget terbaik, dan TV 4k terbaik.


TV Merk LG
spesifikasi TV Merk LG
TV LG


Type : OLED 4  Sub-Jenis : WRGB  Resolusi : 4k  Ukuran : 48 "55" 65 "77"

LG adalah perusahaan Korea Selatan dan salah satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia. Mereka membuat berbagai macam produk, termasuk peralatan rumah tangga, telepon, tablet, jam tangan, dan tentu saja, televisi. Mereka telah membuat TV layar datar besar sejak awal abad ke-21 dan merevolusi pasar dengan peluncuran TV OLED pada tahun 2013. 

Apa yang membedakan OLED dari tampilan TV LED biasa adalah bahwa mereka dapat mematikan piksel secara individual, yang hasilnya ebih sempurna. hitam, dan tidak ada mekar di sekitar objek terang yang mungkin Anda perhatikan pada TV LED. Selain itu, OLED memiliki sudut pandang yang sangat lebar, sehingga gambar tetap akurat saat dilihat dari samping, dan TV ini adalah pilihan tepat jika Anda ingin memiliki dan mempunyai tempat TV yang lebar.

LG memiliki beberapa model berbeda dalam jajaran type TV OLED, tetapi karena sebagian besar OLED menawarkan gambaran yang sangat mirip, perbedaan antara masing-masing model biasanya berkaitan dengan fitur dan desain fisik TV. 

LG BX OLED level pemula sangat mirip dalam hal kinerja dan fitur dengan CX kelas atas dan LG GX OLED; 

Satu-satunya perbedaan adalah CX memiliki dudukan yang tampak premium di tengah, sedangkan GX tidak dilengkapi dengan dudukan dan dirancang untuk diletakkan rata dengan dinding. 

Kelemahan utama TV OLED adalah risiko burn-in permanen, yang dapat menjadi masalah jika Anda terus-menerus menonton konten yang sama dengan elemen statis, seperti berita, tetapi kami tidak berharap ini menjadi masalah jika Anda menonton konten yang bervariasi. 

Burn-in adalah efek dimana layar TV OLED akan memiliki tanda yang permanen di layar karena pemakaian TV yang lama. Lama dimaksud adalah sesuai kualitas dan pemakaian layar yang dibeli, biasanya bisa muncul setelah pemakaian beberapa tahun.

Jika itu membuat Anda khawatir, LG juga memiliki model TV LED, tetapi mereka tidak berkinerja sebaik pesaing karena mereka terutama menggunakan panel IPS dengan rasio kontras rendah yang membuat warna hitam tampak abu-abu saat dilihat dalam gelap.


TV Merk SAMSUNG
spesifikasi TV Merk SAMSUNG
TV Samsung


Type : LED  Resolusi 4k  Ukuran: 55 "65" 75 "85" Harga Mulai : Rp.Rp 5.699.000

Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik paling terkenal di dunia, dan mereka tidak terbatas hanya memproduksi TV. Mereka juga membuat komputer, laptop, smartphone, lemari es, soundbar, dan monitor. 

TV mereka umumnya merupakan pesaing LED utama untuk jajaran OLED LG karena mereka tidak memiliki risiko burn-in permanen. Jajaran QLED andalan mereka, yang menggunakan teknologi quantum dot, memiliki beragam model, mulai dari model hemat seperti Samsung Q60 / Q60T QLED hingga 8k Samsung Q800T QLED. 

Lapisan quantum dot ini memungkinkan TV menghasilkan berbagai warna untuk pengalaman High-dynamic-range (HDR) yang luar biasa  (Jangkauan dinamis tinggi). 

Samsung memiliki TV tingkat bawah yang tidak membawa lapisan quantum dot, seperti Samsung TU8000, sehingga model tersebut biasanya tidak dapat menampilkan gamut warna yang lebar dan tidak cukup cerah untuk konten HDR.

Samsung membuat sebagian besar TV mereka dengan panel VA yang dapat menghasilkan warna hitam pekat. Jenis panel ini juga dikenal memiliki sudut pandang yang buruk. 

Namun, Samsung telah meningkatkan sudut pandang pada model papan atas mereka menggunakan lapisan 'Ultra Viewing Angle', seperti pada Q90 / Q90T QLED. TV ini juga menghadirkan pengalaman bermain game yang fantastis karena memiliki waktu respons yang bagus, input lag yang rendah, dan dukungan variable refresh rate (VRR). 

Seperti banyak TV kelas atas baru-baru ini, ia memiliki port HDMI 2.1, membuatnya cocok untuk konsol game baru seperti PS5 dan Xbox Series X. 

Samsung memiliki jajaran TV lain yang agak unik yang disebut Lifestyle TV, tetapi mereka ditujukan untuk audiens yang sangat khusus dan harganya cukup mahal, seperti Samsung The Frame 2020, Samsung The Sero, dan Samsung The Terrace. Akhirnya, meskipun TV Samsung sedikit mahal dibandingkan dengan pasar lainnya, 

mereka biasanya memiliki build yang bagus, dan Tizen OS mereka adalah salah satu platform yang paling ramah pengguna.


TV Merk Xiaomi Mi TV 4
harga Xiaomi Mi TV 4 55
TV Xiaomi


Type : LED  Resolusi : 4K UHD  Ukuran: 32 "43" 55" Harga : Rp. 5.999.999

Tidak hanya hebat di produk smartphone yang salah satu merk favorit banyak kalangan di dunia. Brand Xiaomi juga telah menjejakkan kakinya dalam pasar Smart TV (televisi pintar).

Salah satu type andalannya, adalah Mi TV 4A dengan ukuran layar 43 inci. Ini adalah TV LED pintar light-emitting diode (LED) yang berjalan dengan sistem operasi Android.

Dengan layar cukup lebar, harga yang sangat terjangkau serta bisa koneksi Bluetooth dan Wi-Fi, Smart TV Mi TV 4A akan membuatmu menikmati hiburan secara lebih mengagumkan.

Selain itu, Smart TV ini juga mendukung fitur perintah suara dengan teknologi AI Speech. 

Artificial Intelligence atau AI. Speech recognition adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh mesin atau aplikasi untuk mengindentifikasi kata dan frasa yang terdapat dalam bahasa lisan (manusia)


TV Merk Sharp Aquos Android TV 2T-C42BG1i 50″
spesifiasi TV Merk Sharp Aquos Android TV
TV Sharp
  • 4K Ultra-HD Resolution with HDR
  • Sharp's Android TV with Google Assistant
  • X4 Master Engine Pro II
  • Azan Reminder
  • Chromecast
  • Bluetooth Audio Out
  • Wallpaper Mode
  • K Ultr
  • 4K Ultra-HD Resolution with HDR
  • Sharp's Android TV with Google Assistant
  • X4 Master Engine Pro II
  • Azan Reminder
  • Chromecast
  • Bluetooth Audio Out
  • Wallpaper Mode
  • a-HD Resolution with HDR
  • Sharp's Android TV with Google Assistant
  • X4 Master Engine Pro II
  • Azan Reminder
  • Chromecast
  • Bluetooth Audio Out
  • Wallpaper Mode

Sharp telah dipercaya memberikan produk berkualitas unggulan untuk setiap peralatan elektronik yang dibuatnya. Lewat seri Aquos, pabrikan yang berpusat di Osaka, Jepang ini terus melanjut dedikasinya pada perangkat TV.

Sharp Aquos Android TV 2T-C42BG1i berukuran 43 inci jadi salah satu yang difavoritkan. Berkat layar luas, teknologi HDR10 dan beberapa fitur pendukung yang memastikan ketajaman layar.

Konektivitasnya juga lengkap, didukung sistem operasi Android, terdapat browser dan YouTube, serta fitur voice search dengan Google Assistant.


Merk TV SONY
spesiikasi Merk TV SONY
TV Sony

Type : OLED Sub-Type  : WRGB  Resolution: 4k Sizes : 55" 65"

Sony merupakan salah satu perusahaan elektronik internasional terbesar, memproduksi berbagai macam produk, antara lain TV, laptop, konsol game, kamera, headphone, dan lain-lain. Perusahaan, awalnya bernama Tokyo Tsushin Kogyo, dimulai pada tahun 1946 dengan produksi alat perekam. Mereka akhirnya mengubah nama mereka menjadi Sony pada tahun 1958 ketika mereka ingin berekspansi ke Amerika Utara. Sejak membuat TV pertama mereka di tahun 1960-an, mereka telah mendapatkan bagian besar di pasar TV global (dunia), bersaing dengan Samsung dan LG. Meskipun jajaran mereka umumnya lebih kecil daripada pesaing dalam hal jumlah model yang mereka rilis setiap tahun, mereka masih membuat berbagai opsi dengan OLED dan LED. OLED andalan mereka termasuk Sony A8H OLED dan Sony A9S OLED 48 inci, yang memberikan kualitas gambar yang fantastis di ruangan gelap berkat rasio kontrasnya yang tak terbatas.

Dalam hal opsi LED 4k mereka, unggulan Sony X950H menawarkan kualitas gambar yang luar biasa karena rasio kontras panel VA yang tinggi. Ini memiliki teknologi 'X-Wide Angle' Sony, yang bertujuan untuk meningkatkan sudut pandang pada panel VA, tetapi tidak berfungsi dengan baik, dan sudut pandang masih biasa-biasa saja. Jika Anda tidak membutuhkannya, Sony X900H lebih murah dan memiliki kontras yang lebih baik, dan Sony X800H memiliki panel IPS jika Anda membutuhkan sudut pandang yang lebar. Meskipun Sony membuat PS5, TV mereka masih kekurangan dukungan VRR pada tahun 2020, tetapi diharapkan lebih banyak model akan memiliki lebih banyak fitur permainan pada tahun 2021. TV Sony umumnya juga dikenal dengan akurasi warna yang sangat baik, jadi jika Anda peduli dengan warna yang akurat dan tidak ingin TV Anda dikalibrasi, Anda harus puas dengan Sony. Terakhir, Sony menggunakan Android TV sebagai platform cerdasnya, yang memiliki banyak pilihan aplikasi luar biasa yang tersedia melalui toko aplikasi.


Merk TV Vizio
spesifikasi Merk TV Vizio
TV Vizio

Type : OLED  Sub-TypeWRGB  : Resolution 4k  Sizes : 55" 65"

Dibandingkan dengan produsen TV lainnya, Vizio masih dalam tahap awal; mereka mulai membuat TV pada tahun 2002 dan memiliki barisan elektronik lainnya yang cukup terbatas karena fokus utama mereka adalah pada televisi. Pilihan Vizio adalah yang terbaik bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas yang mencari kualitas gambar terbaik, terutama jika Anda menonton banyak film atau konten 4k asli lainnya. Jajaran LED mereka memiliki beberapa model, mulai dari Vizio V Series 2020 entry-level hingga flagship Vizio P Series Quantum X 2020, dan mereka merilis OLED pertama mereka pada tahun 2020. Vizio OLED lebih murah daripada pilihan saingan dari LG dan Sony, tetapi tidak memiliki banyak fitur permainan. Ini seharusnya mendukung VRR, tetapi tidak berfungsi dengan baik, input lag lebih tinggi dari TV LG, dan tidak menampilkan konten 4k @ 120Hz dengan benar. Namun, ini seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda hanya menginginkan OLED untuk menonton film favorit Anda.

Model LED mereka dibuat dengan panel VA, dan semuanya memiliki rasio kontras asli yang luar biasa; model kelas atas memiliki peredupan lokal yang semakin meningkatkan tingkat hitam, menjadikannya pilihan tepat untuk tampilan ruangan gelap. Namun, itu juga berarti mereka memiliki sudut pandang yang sempit, jadi mereka tidak disarankan untuk pengaturan tempat duduk yang lebar. Seperti OLED, LED high-end mereka juga bermasalah dengan VRR dan 4k @ 120Hz, jadi tidak ideal untuk gaming kompetitif. Mereka juga mengalami masalah dalam meningkatkan konten resolusi rendah dengan benar, seperti dari kotak kabel, jadi Anda harus menghindarinya jika Anda cenderung sering menonton TV kabel. Selain itu, Vizio SmartCast memungkinkan Anda untuk mentransmisikan apa pun yang Anda inginkan dari ponsel Anda, tetapi Anda tidak dapat mengunduh aplikasi tambahan apa pun di dalamnya, dan terkadang terasa lamban.


Merk TV TCL
spesifikasi Merk TV TCL
TV TCL


Type : LED Sub-Type  : VA  Resolution : 4k  Sizes : 55" 65" 75" Harga Mulai Rp5,999,000

Pengaturan pada tahun 1981, TCL adalah perusahaan yang relatif muda dibandingkan dengan beberapa merek TV terbaik, tetapi mereka bersaing dengan baik dalam persaingan. Sebuah perusahaan Cina, mereka memasuki pasar TV pada tahun 1992, dan meskipun itu menjadi produk utama mereka, mereka juga memproduksi soundbar, headphone, dan telepon genggam. Opsi TV pada umumnya tidak mahal, dan mereka adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang masih membuat TV yang lebih kecil, 720p dan 1080p, seperti TCL 3 Series 2020. Pada tahun 2014, mereka bermitra dengan Roku sebagai platform pintar mereka, sehingga sebagian besar TV TCL di 2020 memiliki TV Roku built-in, yang mudah digunakan dan memiliki banyak pilihan aplikasi yang dapat Anda unduh. Ini bagus jika Anda tidak ingin uang keluar untuk kotak streaming eksternal. Mereka juga mulai menyertakan TV Android dengan model kelas bawah untuk bersaing dengan Hisense di Amerika Utara.


Meskipun TCL membuat ponsel AMOLED, mereka belum memproduksi TV OLED apa pun, dan sebaliknya, mereka tetap menggunakan opsi LED. TCL Seri 5 / S535 2020 QLED kelas atas mereka dan Seri TCL 6 / R635 2020 QLED memiliki lapisan titik kuantum, mirip dengan Samsung QLEDs, yang memungkinkan mereka menghasilkan gamut warna lebar untuk konten HDR. Namun, selain Seri 6, TV TCL tidak menjadi sangat cerah dan tidak menampilkan sorotan dalam HDR. Opsi mereka juga memiliki panel VA, sehingga memiliki kontras tinggi, dan bekerja paling baik di ruangan gelap. Namun, ini berarti mereka memiliki sudut pandang yang sempit, dan tidak diminta untuk mengatur tempat duduk yang lebar. Terakhir, hanya Seri 6 andalan mereka yang memiliki fitur tambahan gaming seperti dukungan VRR, tetapi sebagian besar model mereka cukup baik untuk game kasual dengan waktu respons yang cepat dan input lag yang rendah. Secara total, jika Anda memiliki anggaran terbatas dan tidak membutuhkan sesuatu yang cerah, Anda harus senang dengan TCL.


MERK TV HISENSE 
spesifikasi MERK TV HISENSE
TV Hisense

Type : LED  Sub-Type  : VA Resolution : 4k  Sizes : 55" 65"

Hisense adalah pesaing utama TCL dalam hal membuat TV murah dan hemat. Perusahaan Cina ini memulai dengan membuat radio pada tahun 1969 dan segera mulai memproduksi TV beberapa tahun kemudian. Sekarang, mereka membuat berbagai elektronik, termasuk peralatan rumah tangga dan pembersih udara, dan mereka relatif baru di pasar TV Amerika Utara. Mereka memperoleh hak untuk menjual TV di Amerika Utara dari Sharp pada tahun 2015, dan sejak itu, mereka telah memproduksi beberapa TV 4k yang sangat bagus, terutama untuk harganya. Model kelas atas mereka, seperti Hisense H8G dan H9G, bersaing dengan beberapa model premium lain dari merek lain, dan harganya tidak mahal. Sebagian besar TV mereka menggunakan Android TV sebagai sistem operasi pintar mereka, tetapi mereka juga memiliki beberapa model dengan Roku bawaan untuk bersaing dengan TCL.


TV mereka dikenal berkinerja baik di lingkungan terang dan gelap. Mereka terutama menggunakan panel VA yang memiliki rasio kontras tinggi dan peredupan lokal array penuh, memungkinkan mereka menghasilkan hitam pekat dan tinta saat dilihat dalam gelap. H9G dan H8G keduanya menjadi cerah dan setidaknya memiliki penanganan refleksi yang layak, sehingga visibilitas seharusnya tidak menjadi masalah bahkan di ruangan yang cukup terang. Sayangnya, model mereka tidak memiliki teknologi sudut pandang seperti Samsung atau Sony, jadi sebaiknya hindari menggunakannya dalam pengaturan tempat duduk yang lebar. Selain itu, Hisense tidak memiliki fitur permainan tambahan, dan mereka belum menyertakan dukungan VRR di TV mereka. Penggemar yang memiliki konten HDR juga harus menikmati TV Hisense karena H8G dan H9G menampilkan gamut warna yang lebar. Model level awal mereka seperti Hisense H6510G tidak memiliki fitur dan kinerja yang sama, tetapi itu diharapkan untuk model kelas bawah. Jika Anda membutuhkan TV serba guna yang bagus tanpa fitur game apa pun, Anda mungkin akan menemukannya dengan Hisense.


Posting Komentar untuk "8 Daftar Merk Smart TV Terbaik dan Terpercaya Tahun 2021"